Biografi Adolf Hitler


Adolf Hitler merupakan tokoh terkenal dunia yang hingga saat ini masih selalu diperbincangankan dalam sejarah.Topik ini dipilih untuk ditulis karena Adolf Hitler merupakan tokoh besar dunia yang terkenal dan memberikan banyak pengaruh bagi dunia. Melalui sejarah hidup Adolf Hitler dapat memberikan pelajaran mengenai sejarah masa lampau, dapat mengambil nilai – nilai moral yang terkandung dalam hidup apa yang baik dan yang buruk.



Adolf Hitler lahir dari pasangan suami isteri bernama Alois Hitler dan Klara Pölzi di Braunau am Inn, Austria pada tanggal 20 April 1889. Ia hidup di Braunau dalam keluarga yang miskin dan mempunyai masa kecil yang menyedihkan. Ayahnya (Alois Hitler) yang sangat keras dan membenci Hitler karena menganggap Hitler sebagai anak yang anti sosial.
Hal tersebut dianggap sebagai suatu kutukan bagi ayahnya yang menikahi keponakannya sendiri. Sebaliknya ibu Hitler ( Klara Pölzi) merupakan satu – satunya sosok yang dicintai oleh Hitler. Ibunya sangat menyayangi Hitler dan percaya bahwa anaknya merupakan anak yang normal dan jenius.  



Pada tahun 1898 keluarga Hitler pindah dan menetap di Leoding. Di Leoding ayahnya mempunyai karier yang sukses yaitu dengan bekerja di biro bea cukai. Hitler bercita-cita menjadi seorang seniman dan ingin bersekolah seni, namun ayahnya tidak menyukainya. Ayahnya menginginkan Hitler mengikuti jejak ayahnya bekerja di biro bea cukai. Lalu Hitler disekolahkan ayahnya di Realschule,Linz. Hitler mengalami kesulitan disekolah. Ia sulit beradaptasi dan tidak naik kelas. Di umur ke 16 ia meninggalkan sekolah tanpa ijazah. Setelah kematian ayahnya ia bersama ibunya tinggal di Bohemia, Wina dengan dana anak yatim dan ibunya sendiri. Ingin mengejar cita-citanya, Hitler  lalu mengikuti tes masuk Akademi Seni Wina (Kunstakademie Wien). Kunstakademie Wien menolaknya dua kali yaitu pada tahun 1907 dan 1908.  21 Desember 1907 Klara Pölzi meninggal dalam usia 47 tahun. Sejak itu Hitler hidup sebatang kara di penampungan tuna wisma di Wina. Ia bekerja serabutan menjual kartu yang ia gambar sendiri. Saat ia tinggal di Wina terjadi banyak kekhawatiran tentang banyaknya imigran dari timur seperti kaum Yahudi ke Wina. Hal tersebut menimbulkan prasangka antisemit. Rasa frustasi, kemiskinan, kesedihan, yatim-piatu, dan tidak ada uang pada Hitler membuat Hitler membenci kaum Yahudi yang hidup lebih kaya dan mewah. Terlebih lagi dalam banyak surat kabar dan ceramah menyudutkan banyak rasa iri atas kaum Yahudi. Saat itu teori dari Lueger yang menyalahkan kekacauan ekonomi dan politik kepada kaum Yahudi, mengispirasi Hitler menjadi pembenci kaum Yahudi sepanjang hidupnya. Ini pula yang membangun ideologinya dan menganggap bangsa Arya adalah ras tertinggi.

Pada Mei 1913 ia pindah ke Müchen dengan sisa – sisa warisan ayahnya. Saat pecahnya Perang Dunia I ia mendaftarkan diri menjadi tentara militer Bayer namun ia tidak mampu memegang senjata dan terlalu lemah. Setelah jerman kalah perang, Hitler sebagai relawan berpidato tentang rasa nasionalisme sebagai tentara. Talenta bagusnya dalam dalam berpidato yang berapi – api Ia juga berpidato tentang terjadinya perang disebabkan oleh orang – orang Yahudi sehingga Hitler meminta Yahudi untuk bertanggung jawab. Dalam pidatonya juga menambahkan jika jerman ingin maju maka orang Yahudi dilarang ditempatkan atau mempunyai kedudukan tinggi. Pidato pencerahan Hitler akhirnya diterima dengan baik, dianggap hebat, berkharisma, dan banyak tentara yang mengaguminya.
 


September 1919 Hitler masuk kedalam partai buruh Jerman (Deutsche Arbeiterpartei). Dalam waktu singkat hanya satu bulan Hitler mendapat pangkat pimpinan partai

Kemudian ia mengubah nama baru partai menjadi Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei (NSDAP). Hitler mengajukan beberapa pemikiran dasar antara lain:

  •   Gabungan seluruh masyarakat Jerman didalam satu kerajaan Jerman raya
  • Mencabut perjanjian Versailles
  • Menciptakan wajib militer
  • Menciptakan kekuatan pemerintahan melawan Negara lain seperti Perancis
  • Satu hukum hak warganegara Jerman, kecuali Yahudi
  • Memerangi kerohanian Yahudi yang bersifat materialistis yang hendak diberlakukan penggunaan pribadi menjadi umum.
  • Kontrol pemeriksaan oleh Negara
  • Melawan dan melarang mengungkapkan sisi negatif  lewat seni dan literatur
 Pemikiran Hitler mulai dikagumi banyak orang. Lama – kelamaan ia semakin ambisius. Di tahun – tahun krisis Hitler bertindak dengan mengumandangkan nada – nada nasionalis memaki politik Weimar. Ia juga melakukan kudeta (Putsch) yang akhirnya menjebloskannya ke penjara dan partai ditutup. Selama didalam penjara ia menulis sebuah buku berjudul mein Kampf .
setelah keluar dari penjara ia membangun kembali partainya dan mengadakan berbagai propaganda. Di tahun – tahun krisis mata uang anjlok. Komunis menganggap ini konsekuensi dari ekonomi kapitalis. Maka dibubarkanlah ekonomi kapitalis. Disaat seperti ini Hitler memanfaatkan keadaan dengan melakukan berbagai propaganda. Ia berpendapat untuk menyelesaikan masalah krisis yaitu dengan menyingkirkan Yahudi yang bekerja di finansial internasional dan menganggap Yahudi dan Komunis bersalah atas segala – galanya. Ia membagikan banyak selembaran, edaran, dan gambar – gambar provokasi. Usaha besar – besaran Hitler ini memberikan pengaruh yang
akhirnya banyak berpihak pada partainya. Akhirnya Hitler terpilih menjadi Reichkanzler. Tahta Hitler ini mengakhiri Republik Weimar.


Dalam pemerintahan di jamannya terjadi pemerintahan yang otoriter. Nazi melakukan apapun untuk mencapai sesuatu bahkan Hitler tidak segan untuk membunuh. Ia tidak pernah puas dan menginginkan semua ia kuasai. Ia menginginkan semua masyarakat Jerman memiliki jiwa nasionalis, berfikir, dan bersifat kejermanan. Generasi muda sejak kecil sudah dikenalkan dan di ajarkan hal tersebut. Saat umur 10 tahun sudah dimasukkan ke organisasi, umur 14 tahun yaitu saat remaja dimasukkan ke remaja Hitler (Hitlerjugend), lalu empat tahun setelah itu diangkat lagi menjadi tentara Nazi


Mereka dididik dengan keras  tetapi dilarang memiliki kepintaran berlebih. Ia juga menekan Pers dan penulis agar tidak mempunyai pemikiran sendiri, semua harus sesuai dengan keinginannya. Orang juga diwajibkan untuk menggunakan salam “Heil Hitler” sambil tangan diangkat kedepan. Orang Jerman bangga dengan jalan tol jalan bebas hambatan yang dibuat pertama kali oleh Hitler meskipun mobil masih sangat jarang. Tanpa mereka ketahui bahwa niatan Hitler untuk membangun itu adalah untuk jalan perang. 


Hitler semakin lama semakin meresahkan masyarakat. Perbuatannya yang sewenang – wenang tanpa memandang HAM membangkitkan semangat masyarakat untuk aktif merubah keadaan. Banyak pihak yang ingin melengserkan Hitler seperti membagikan selebaran, membuat organisasi secara diam – diam misalnya Weiβe Rose, dan masih banyak lainnya yang menyebut dirinya anti Hitler. Akan tetapi siapapun yang tidak sepaham dengan Hitler dan melakukan pertentangan akan mendapat balasan yaitu dibunuh. Hitler juga menyebarkan paham anti semit disaat ia berkuasa. Ia megasingkan kaum Yahudi ke kamp konsentrasi yang kemudian dibunuh, melakukan pembunuhan masal Yahudi dengan memasukkan gas beracun berisikan orang Yahudi. 


Hitler yang tak pernah puas menginginkan untuk menguasai dunia, maka pada  1 September 1939 ia menyerang Polandia yang menyebabkan Perang Dunia II selama lima tahun yang akhirnya jerman mengalami kekalahan atas Rusia. Pada tanggal 30 April 1945 Jerman dikepung oleh Rusia yang akhirnya Hitler menyerah tanpa syarat. Kematian Hitler terdapat banyak versi, ada yang mengatakan Hitler bunuh diri dengan menembakkan kepalanya dan istrinya bunuh diri dengan meminum pil beracun pada 30 April pada sebuah banker di Berlin. Namun ada yang berkata bahwa itu bohong. Ada pula yang menyebutkan ia dan istrinya melarikan diri ke Argentina dengan kapal selam dan tewas disana. Hingga sebuah surat kabar nasional menyebutkan seorang dokter Indonesia bernama sosrohusodo mempunyai pasien yang memiliki tingkah laku,sikap,gerak – gerik dan wujud mirip sang diktator dan membuat spekulasi bahwa Hitler melarikan diri ke Indonesia bersama isterinya dan wafat di Indonesia. Berita ini masih simpang siur karena tidak adanya bukti konkret tubuhnya.

0 komentar:

Posting Komentar